An ordinary blog from an ordinary girl

Welcome to my ordinary blog
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Kesehatan Mental: Konsep Sehat

Konsep Sehat


Pengertian sehat yang dikemukakan oleh Parkins (1938), sehat adalah suatu keadaan seimbang dan dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh dan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Menurut WHO (1974), sehat dapat dikatakan sebagai suatu keadaan sempurna dari fisik, mental, sosial, tidak hanya bebas dari penyakit dan kelemahan.
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sehat adalah suatu kondisi dimana tubuh memiliki kualitas yang terbaik dilihat dari sisi emosi, fisik, dan sosial.
Konsep sehat memiliki  beberapa dimensi yang bisa dijadikan acuan untuk mendefinisikan konsep sehat tersebut, yaitu ada dimensi intelektual, fisik, sosial, spiritual, dan emosi.


1.      Dimensi Intelektual
Dimensi yang melihat bagaimana seseorang berpikir dilihat dari wawasannya, pemahamannya, alasannya, logika dan pertimbangannya. Pikiran sehat tercermin dari cara berpikir atau jalan pikiran karena orang sehat selalu membuka pikirannya untuk pengalaman-pengalaman baru yang bisa ia jadikan informasi . informasi itu biasanya berisi informasi-informasi yang relevan dengan keadaan dirinya seperti informasi masa lalu, persepsi dirinya tentang suatu, atau tuntutan-tuntutan sosial.
Anggaplah kepribadian yang sehat secara intelektual seperti sebuah computer  yang memiliki data-data relevan yang di programkan ke dalamnya. Computer itu berusaha mempertimbangkan masalah-masalah , pilihan, dan pengaruh-pengaruhnya serta dengan cepat menentukan tindakan untuk semua permasalahan yang akan diputuskan.


2.      Dimensi  Emosi
Dimensi yang melihat bagaimana seseorang bisa mengontrol emosi yang ada pada diri ke dalam hal-hal yang lebih bersifat membangun atau kontruktif sehingga dari pengontrolan emosi tersebut tidak mengganggu aktivitas-aktivitas antarpribadi. Kesehatan emosi dilihat dari kemampuan mengenal emosi dan mengekspresikan emosi tersebut secara tepat


3.      Dimensi Sosial
Kesehatan sosial terwujud apabila seseorang mampu berinteraksi dengan orang lain secara baik, tanpa membedakan faktor-faktor apapun dan berusaha untuk bersikap toleransi dengan hal-hal yan menurut keyakinannya berbeda. Kesehatan Sosial dapat dilihat dari kemampuan untuk membuat dan mempertahankan hubungan dengan orang lain, perilaku kehidupan dalam masyarakat.


4.      Dimensi Fisik
Dimensi yang dapat ditelaah secara langsung atau memiliki dimensi yang paling nyata. Kesehatan fisik dapat dilihat dari kemampuan mekanistik dari tubuh. Kesehatan fisik terwujud apabila sesorang tidak merasa dan mengeluh sakit atau tidak adanya keluhan dan memang secara fisik tidak terlihat adanya sesuatu yang membuat diri sakit. Semua organ tubuh berfungsi normal dan tidak mengalami gangguan yang berarti. Sehat jasmani merupakan komponen penting dalam arti sehat seutuhnya, berupa sosok manusia yang berpenampilan kulit bersih, mata bersinar, rambut tersisir rapi, berpakaian rapi, berotot, tidak gemuk, nafas tidak bau, selera makan baik, tidur nyenyak, gesit dan seluruh fungsi fisiologi tubuh berjalan normal.


5.      Dimensi Spiritual
Kesehatan spiritual dapat dilihat dari kemampuan seseorang dalam mencapai kedamaian hatinya dengan cara mengagungkan hal yang bersifat meyakini dalam dirinya.  Spiritual sehat tercermin dari cara seseorang dalam mengekspresikan rasa syukur, pujian, kepercayaan dan sebagainya terhadap sesuatu di luar alam fana ini, kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, hal yang dianggap seseorang mampu membuat kedamaian hati sehingga tercipta spiritual yang sehat, bebas dari beban-beban dan mampu melegakannya.









 Daftar Pustaka:

Effendy, Nasrul.  1997. Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Ed 2.  Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Schultz, Duane. 1991. Psikologi Pertumbuhan: Model-Model Kepribadian Sehat.  Yogyakarta: Kanisius.


Sumber Gambar:
https://udarajay.com/content/images/2016/02/emotional-intelligence.jpg

https://judythewriter.files.wordpress.com/2013/09/emotions.jpg

https://i.ytimg.com/vi/76qLjHJPfuA/maxresdefault.jpg

http://thumbs.dreamstime.com/z/athletic-male-human-anatomy-muscles-29069043.jpg

http://www.eastsidecongregationalucc.org/wp-content/uploads/2014/10/How-to-improve-your-spirituality-1d9cok1.jpg

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar